Sabtu, Januari 24, 2009

RSS Feed For Me

Apa seh sebenarnya yang dimaksud RSS Feed ? Trus kira-kira apa saja manfaatnya bagi kita ? itulah pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di benak kita. Dengan mengerti , memahami dan menggunakannya dengan baik banyak manfaat yang dapat kita peroleh. Salah satunya mungkin waktu kita akan lebih hemat untuk mendapatkan update terkini dari blog atau situs favorit kita. Tanpa surfing, browsing dan blogging kita bisa mendapatkan informasi terkini hanya dengan 1 ( satu ) kali KLIK.

Untuk Lebih Jelasnya Tentang RSS Begini …

RSS adalah singkatan dari Really Simple Sindication, yakni satu sistem sindikasi yang memungkinkan kita untuk mendapatkan update/artikel terbaru dari situs-situs favorit kita secara otomatis. Contohnya jika kita sangat menyukai blog ini ( so pasti ) maka dengan mendaftarkan diri di RSS blog ini, kita akan memperoleh artikel-artikel terbaru setiap kali ada update terbaru diblog ini.



Waktu jadul seh pengguna internet yang tidak mau ketinggalan update terbaru dari situs-situs favoritnya harus mem-bookmark situs-situs tersebut di browser komputer kemudian mengeceknya secara teratur dan berkala untuk mengetahui apakah ada artikel terbaru yang ditambahkan. Kalau saat ia mengecek situs tersebut sudah di-update tentu bagus sekali. Tapi bagaimana kalau saat dicek ternyata situs itu belum juga di-update? Atau bagaimana kalau entah karena alasan apa kita lupa mengeceknya?




Jawabannya kita butuh RSS. Dengan mendaftarkan diri di RSS situs favorit, kita tidak akan ketinggalan update terbaru karena salinannya akan dikirimkan langsung ke Anda. Secara sederhana fungsi RSS ini dapat dianalogikan sebagai loper koran. Jika isi situs adalah koran dan kita adalah pembaca koran, maka RSS adalah loper koran yang akan mengirimkan koran tersebut kepada Anda. Jangan khawatir karena “ koran “ yang satu ini selalu gratis. Tentu saja sebelumnya kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu agar tercatat sebagai pelanggan koran tersebut.




Langsung Praktek Saja Yuk ?



Untuk menggunakan RSS caranya gampang bangeet. Klik aja gambar kotak orange dengan bulatan putih dan garis lengkung didalamnya. ( Kini banyak sekali variasi RSS button ). Biasanya gambar tersebut terdapat di sisi kanan atas website atau blog yang kita kunjungi.


Selanjutnya kita akan dibawa ke halaman "Current Feed Content" (kalau RSS yang digunakan adalah FeedBurner ), Di halaman ini terdapat banyak pilihan RSS Reader, kita tinggal memilih mana yang dikehendaki. Sebaiknya gunakan yang paling familiar karena akan lebih mudah bagi kita penggunaannya, misalnya Add to Google atau My Yahoo!.

Kita ambil contoh kita ingin menggunakan layanan Google, maka klik tombol “Add to Google” dan kita akan dibawa ke halaman Add to Google. Di sini kita akan diberi dua pilihan di mana kita mau menerima feed, Google Homepage atau Google Reader? Untuk menerima feed di Google Homepage silakan klik tombol “Add to Google Homepage”, dan untuk menerima feed di Google Reader klik tombol “Add to Google Reader”. Kalau Anda mendaftarkan diri ke banyak situs, sebaiknya pilih Google Homepage agar feed semua situs tersebut ditampilkan di halaman iGoogle kita.

Bagi yang ingin menggunakan layanan Yahoo!, klik tombol "My Yahoo!" dan pilih "Subscribe". Selanjutnya kita akan dibawa ke halaman My Yahoo!. Akhiri dengan mengklik tombol "Add to Yahoo!". Selesai.


Favorit saya sendiri dalam berlangganan RSS Feed adalah dengan membacanya di Microsoft Outlook 2007. Walaupun sedang offline tapi tetap bisa membacanya dengan santai. Nah agar RSS yang kita subscribe langsung masuk ke Microsoft Outlook 2007 pengalaman saya begini…




Buka aplikasi Microsoft Outlook 2007 ( jika belum memiliki tentunya kita harus menginstalnya terlebih dahulu). Lalu kunjungi website atau blog favorit kita, klik link untuk mendapatkan fasilitas RSS nya, jangan memilih RSS Reader yang ada tapi pilih
VIEW FEED XML dan Klik SUBSCRIBE TO THIS FEED . Kembali ke aplikasi MS Outlokkk 2007 dan Tara…..! dalam sekejap RSS yang baru saja kira subscribe sudah masuk di inbox / folder RSS Feeds.


Atau bisa juga kita copy paste alamat url untuk subscribe situs atau blog favorit kita di Folder RSS Feeds di program MS Olutlook 2007, dengan cara klik kanan difolder tersebut lalu paste alamat url yang sudah kita copy tadi dan tidak berapa lama RSS feeds yang kita subscribe sudah masuk .



Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Asdansbacktonature

Kumpul Blogger ya Disini Tempatnya


Ciptakan Mesin Uang Anda Disini


Jika Anda Merasa Artikel Ini Menarik Dan Bermanfaat Masukan Alamat Email Anda Disini Untuk Berlangganan Melalui Email Secara GRATIS.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tulisan Lain Yang Relevan Dengan Posting Ini :

YM Status On Blog

0 comments:

Posting Komentar