Rabu, Mei 27, 2009

Balad Kuring For The Universe

Alhamdulillaah akhirnya lahir juga wadah untuk masyarakat Jawa Barat khususnya dan Indonesia Umumnya untuk lebih peduli terhadap alam. Sekecil apapun tindakan kita untuk lebih bersahabat dengan alam akan sangat berarti bagi generasi yang akan datang. Siapa tahu suatu hari nanti Balad Kuring bukan hanya “ Baladnya “ urang Jawa Barat saja, tapi juga “ Baladnya “ seluruh masyarakat Indonesia dan juga Baladnya warga dunia. Bukan tidak mungkin gebrakan Balad Kuring bisa menyamai gerakan-gerakan sejenis seperti Green Peace.

Kita berharap gerakan ini bukan gerakan yang hanya sesaat, tapi gerakan yang terus berkesinambungan. Siapapun Pemimpin yang memimpin masyarakat Jawa Barat harus punya kepedulian dan dukungan moril ( mun bisa dukungan materiil oge ) terhadap Balad Kuring. Semoga gerakan ini menjadi awal dari kebangkitan masyarakat Jawa Barat untuk berperan serta lebih aktif dalam penyelamatan Bumi ini.

Coba rek saha deui mun lain urang- anu bisa nyalametkeun lingkungan urang ? leuweung, susukan jeung laut oge bumi urang ? Anu pasti mah Balad Kuring bukan hanya Gerakan untuk masyarakat Jawa Barat saja, tapi juga untuk Indonesia yang kita cintai ini. Bahkan Balad Kuring nantinya bukan hanya “ Balad Kuring For The Earth “ tapi “ Balad Kuring For The Universe “. Ngimpi meureun..? Ah lain ngimpi ieu mah tapi cita-cita anu Insya Allah bisa tercapai jika semua pihak bertekad untuk mewujudkannya.

Ieu mah mung sakadar usul wungkul buat Balad Kuring ( sebelumnya baca yang ini dulu), sudah bacanya ? tah…kieu, :

1. Perjuangkan dan wujudkan agar Pendidikan Lingkungan Hidup masuk dalam kurikulum tetap di semua tingkat pendidikan, mulai dari Taman Kanak-kanak sampai Perguruan Tinggi. Agar di benak generasi kita tertanam kuat sikap untuk lebih bersahabat dengan alam.

2. Kira2 bisa teu nya semua siswa yang ada di Jawa Barat ini menyisihkan sebagian uang jajannya untuk mendukung gerakan Balad Kuring ini. Namun gerakan ini harus dikoordinir dengan baik oleh pihak sekolah untuk selanjutnya setiap seminggu sekali setorkan ke Rekening Balad Kuring di Bank. Nanging tong poho cantumkeun nama pengirim, misalna TK Buah Hati, SD Negeri Sutawangi II Jatiwangi, SMP N I Jatiwangi dsb. Semangat seperti
Walimari ( Dua Lima Sehari ) sepertinya bisa juga dijadikan contoh. Bagi setiap siswa di wajibkan untuk menyisihkan uang dengan nominal tertentu dan konsisten setiap harinya. Contoh… siswa TK Rp. 25,00 ( Dua Puluh Lima Rupiah Sehari ), Siswa SD Rp. 50,00 ( Lima Puluh Rupiah Sehari ), Siswa SMP Rp. 100,00 ( Seratus Rupiah Sehari ), Siawa SMU Rp.500,00 ( Lima ratus Rupiah Sehari ), Mahasiswa Perguruan Tinggi Rp.1000,00 ( Seribu Rupiah Sehari ).

3. Kalangan Perkerja pun seharusnya juga ikut berpartisipasi dengan menyisihkan sebagian penghasilannya untuk gerakan balad Kuring ini. Pihak Perusahaan yang seharusnya mengkoordinirnya, tentunya bekerjasama dengan wakil-wakil dari pihak pekerja. Cik… coba itung aya sabaraha pekerja atawa buruh di Jawa Barat ieu ? kalikeun sekian rupiah sapoe, mun sabulan atawa sataun apan gede oge jumlahna. Ibaratna lamun kalangan buruh menuntut kenaikan gaji untuk berpartisipasi dalam gerakan Balad Kuring , pihak perusahaan sudah sepantasnya mengabulkannya. Tong limbah jeung polusi wungkul anu dibikeun ku manehna ka urang.

4. Kang Dede… sebaiknya mah gerakan sejenis Walimari teh di mimitian ku para Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) di Jawa Barat ieu biar menjadi contoh yang baik untuk kalangan lainnya.

5. Rekening yang dibuat di Bank sebagai tabungan Balad Kuring untuk dunia dilaporkan secara transparan dan berkala baik melalui media cetak atau surat ( kertasna mun bisa kertas hasil daur ulang ) atau melalui media elektronik dan internet . Dana yang ada di bank tentunya hanya bisa dikeluarkan oleh orang-orang yang ditunjuk ( tidak satu orang tentunya ). Misalna dana yang dikeluarkan harus disetujui dan ditandatangani oleh Bapak Gubernur, Wakil Gubernur dan Ketua DPRD Propinsi Jawa Barat.

6. Bank yang ditunjuk misalna Bank Jabar ( Bankna urang Jawa Barat kan ? ), mungkin bisa mengeluarkan semacam kartu ATM yang berfungsi sebagai kartu tabungan di Bank Jabar juga sebagai kartu anggota dari Balad Kuring. Bisa berfungsi oge sebagai “ KTP “ na urang Jawa Barat. Sabaraha sih biaya pembuatan kartu ATM ? moal sabaraha kan bila dibandingkan dengan dana yang masuk dari Program Balad Kuring. Komo mun Bank Jabar bekerja sama dengan Kantor Pos seperti program Share nya Bank Muamalat atau dengan sekolah dan perusahaan , efek dominonya itu yang mungkin jauh lebih besar . Wuih… beuki maju kan Bank na Urang Jabar ?

7. Bagaimana jika dibuat semacam “ Celengan “ berukuran besar di tempat-tempat umum ( Mall, Restaurant, Tempat Rekreasi, Rumah Sakit, Hotel , Tempat Ibadah atau tempat lainnya ). Celengan itu berfungsi sebagai tabungan dan dibuka oleh kita bersama kemudian di setorkan ke Bank yang ditunjuk . Bisa teu nya celengan itu menjadi semacam ‘ Ikon “ nya masyarakat Jawa Barat untuk pelestarian alam.

8. Terus anu paling pentingna mah semua yang terlibat harus menjadi pengawas, agar dana yang terkumpul benar-benar terpakai hanya untuk tujuan awal, yaitu menjadikan negeri ini lebih hijau dan asri. Dana yang ada juga sebaiknya di audit oleh Akuntan Publik yang Independen dan Profesional dalam kerjanya. ( Aya teu nya Akuntan Publik anu bisa gratis alias teu dibayar ? ).

9. Sanksi bagi mereka yang menyelewengkan dana yang ada adalah dihukum seberat-beratnya dan diharuskan meminta maaf kepada seluruh masyarakat Jawa Barat Khususnya, dunia umumnya baik melalui media cetak, media elektronik juga internet.

Tah..kitu usul ti simkuring mugi aya mangfaatna kangge urang sadaya. Hidup Balad Kuring! Go Green Jabar !

Gambar Diambil Dari :
http://www.baladkuring.org/


Asdansbacktonature

Bookmark and Share
Kumpul Blogger Ya Disini Tempatnya

Buatlah Mesin Uang Anda Disini


Jika Anda Merasa Artikel Ini Menarik Dan Bermanfaat Masukan Alamat Email Anda Disini Untuk Berlangganan Melalui Email Secara GRATIS.


Enter your email address:



Delivered by FeedBurner

Tulisan Lain Yang Relevan Dengan Posting ini :

1 komentar:

  1. Terima kasih telah mendukung Baladkuring.

    salam,
    Admin BK

    BalasHapus