Jumat, Maret 27, 2009

Black Hole

Malam ini langit begitu cerah, bintang-bintang begitu indah bersinar. Aku sendiri tidak merasa sedang sendiri, karena hadirnya ribuan bahkan jutaan bintang di atas sana. Binatang malampun hadir menemani mendendangkan suara-suara merdu.

Berbeda keadaannya ketika malam dua minggu sebelumnya. Walau langit cerah tapi bintang-bintang seakan enggan bersinar menghiasi malam. Tapi aku juga tidak merasa sendiri karena hadirnya Sang Rembulan. Sinarnya walaupun tidak seterang mentari namun begitu lembut di hati ini. Subhanallaah… Indah nian ciptaan Yang Maha Kuasa ini.

Suatu saat pasti banyak orang Indonesia yang pergi ke luar angkasa sana. Bukan hanya mau liburan tapi memang mereka bekerja dan tinggal disana. Sebenarnya banyak sekali orang Indonesia yang kaya ( semoga kekayaannya bukan dari hasil korupsi ) sehingga mampu berlibur sampai ke ruang angkasa dan bukan hanya orang kaya saja yang bisa pergi kesana namum juga orang yang kreatif, pandai membaca peluang dan berfikir ke depan. Bukankah dengan digelarnya Blackinnovationawards dan Blackinnovationawards Goes To Campus semata-mata ingin mencari orang yang mampu berinovasi demi kemudahan dalam menjalani hidup ini ?

Berbicara masalah ruang angkasa jadi teringat Pratiwi Sudharmono PhD, seorang dokter mikrobiologi dari Jawa Barat. Pratiwi pernah mengikuti pelatihan secara intensif di NASA Amerika Serikat dan masuk dalam daftar astronot untuk misi luar angkasa STS-61-H.


Tapi sayang impian calon astronot wanita yang mendapatkan gelar doktor mikrobiologi di Universitas Osaka itu akhirnya kandas. Misi luar angkasa Challanger untuk menerbangkan satelit Palapa B-3 mendapatkan musibah, ketika mendarat pada tahun 1986. Akhirnya NASA menunda penerbangan ke luar angkasa astronot Indonesia pertama.

Nah… sekarang kita cari tahu yuk apa itu Black Hole

Menurut Wikipedia Indonesia Lubang hitam ( Back Hole ) adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum.

Medan gravitasi begitu kuat sehingga kecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata "hitam".

Istilah "lubang hitam ( Balck Hole )" telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati.

Landasan Teori

Teori adanya lubang hitam pertama kali diajukan pada abad ke-18 oleh John Michell and Pierre-Simon Laplace, selanjutnya dikembangkan oleh astronom Jerman bernama Karl Schwarzschild, pada tahun 1916, dengan berdasar pada teori relativitas umum dari Albert Einstein, dan semakin dipopulerkan oleh Stephen William Hawking. Pada saat ini banyak astronom yang percaya bahwa hampir semua galaksi dialam semesta ini mengelilingi lubang hitam pada pusat galaksi.

Jarak Black Hole yang terdekat dari kita namanya Cygnus X-1, terletak sekitar 8000 tahun cahaya adalah salah satu yang terdekat. Nah.. itu dulu deh cerita tentang Black Hole, kapan-kapan disambung lagi.


Gambar Diambil Dari :
http://www.boeing.com/
http://app.ucdavis.edu


Asdansbacktonature

Bookmark and Share

Kumpul Blogger Ya Disini Tempatnya

Buatlah Mesin Uang Anda Disini


Jika Anda Merasa Artikel Ini Menarik Dan Bermanfaat Masukan Alamat Email Anda Disini Untuk Berlangganan Melalui Email Secara GRATIS.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Tulisan Lain Yang Relevan Dengan Posting ini :

0 comments:

Posting Komentar