Selasa, Maret 31, 2009

Black Box


Dunia kini mempunyai beragan alat transportasi. Mulai dari jenis transportasi darat, laut maupun udara. Jenis transportasi udara yang paling sering dan umum digunakan adalah pesawat terbang. Walau burung besi ini ketika belum lahir merupakan mimpi dan angan-angan Wright Bersaudara, kini menjadi salah satu alat transportasi public yang cukup popular.

Semakin hari semakin banyak orang yang memanfaatkan jasa transportasi udara. Tidak heran jika maskapai penerbangan pun tumbuh bagai jamur di musim hujan. Mulai dari mereka yang hanya menyewa pesawat orang lain untuk maskapainya sampai yang membeli gress dari Boeing atau Mc Donald Dauglas.

Karena ketatnya persaingan merekapun perang harga. Tiket bisa dibeli semurah mungkin bahkan terkadang kita terkecoh apa benar bisa semurah itu ? untuk menekan biaya tentu mereka harus menghematnya sehemat mungkin. Dampaknya kadang mereka tidak mengindahkan keselamatan penumpangnya .

Masih ingat kan Tragedi Adam Air yang terjun bebas ke laut ? kisah yang sesungguhnya pada Adam Air tersimpan di kotak hitam pesawat (Black Box). Itulah cerita kelam kotak hitam ( Black Box ). Inilah yang dicatatnya,:

1. Rekaman suara di dalam kokpit seperti Suara pilot, kopilot, kru kopilot, kru kokpit lain hingga bunyi tuas.

2. Rekaman data penerbangan antara lain ketinggian, kecepatan angin/pesawat, arah, tenaga mesin, posisi pesawat,hingga kecepatan mendaki/menukik.


Selama ini Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) selalu meminta bantuan institusi keselamatan transportasi Air Accident Investigation Bureau (AAIB) milik Singapura, Australian Transport Safety Bureau (ATSB) milik Australia maupun National Transportation Safety Board (NTSB) di Amerika Serikat untuk membaca kotak hitam ( Black Box ) ketika melakukan penyelidikan sebuah kecelakaan pesawat. Black Box sendiri sebenarnya berwarna orange bukan hitam ( Black ).


Sebenarnya Indonesia berharap ingin memiliki sendiri fasilitas laboratorium penelitian black box sendiri, selambat-lambatnya Desember 2008. Duka tah… ayeuna tos gaduh teu acan. Kira-kira ada gak ya para peserta yang ikutan Blackinnovationawards dan Blackinnovationawards goes to campus yang berinovasi untuk membaca isi rekaman Black Box ?


Ini adalah mimpi lain asdansbacktonature, bisakah setiap pembelian tiket pesawat terbang disisihkan beberapa rupiah untuk program penyelamatan hutan Indonesia ? bisakah ? seharusnya bisa apalagi seperti kita ketahui setiap maskapai penerbangan begitu bebasnya mempermainkan tarif. Dalam hitungan menit kadang harga tiket sudah berubah menjadi lebih mahal padahal sebelumnya harganya jauh di bawah itu. Itu adalah salah satu trik maskapai penerbangan untuk mendapatkan keuntungan dari kita calon penumpang. Semoga mereka kedepannya bukan hanya memikirkan keselamatan penumpang tapi juga memikirkan keselamatan hutan dan bumi Indonesia ini.

Gambar diambil dari :
http://www.aerospaceweb.org & http://www.thealarmclock.com

Asdansbacktonature


Bookmark and Share
Kumpul Blogger Ya Disini Tempatnya

Buatlah Mesin Uang Anda Disini


Jika Anda Merasa Artikel Ini Menarik Dan Bermanfaat Masukan Alamat Email Anda Disini Untuk Berlangganan Melalui Email Secara GRATIS.

Enter your email address:



Delivered by FeedBurner

Tulisan Lain Yang Relevan Dengan Posting ini :

0 comments:

Posting Komentar